hosting indonesia

PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT


1.      PELAPISAN SOSIAL
Pelapisan sosial adalah pengelompokan manusia atau induvidu kedalam kelas-kelas secara bertingkat, mulai dari kelompok kelas bawah, menengah, sederhana dan ellite. dari pengelompokan tersebut maka terbentuklah pelapisan social.
Ada berbagai macam factor yang menyebabkan teradinya pelapisan social di antaranya  factor pendidikan, ekonomi, keluarga, lingkungan harta kekayaan merasa ingin di hormati dll . Karena setiap manusia memiliki cara hidup yang berbeda, perbedaan itu bisa di sebabkan juga oleh factor lingkungan di mana ia tinggal secara umum mungkin masyarakat yang berada di barat lebih maju di bandingkan masyarakat yang berada di timur Indonesia seperti papua, nnt, ntb dll karena jauhnya aksess ke wilayah sana sehingga menyebabkan minimnya pertumbuhan teknologi, pendidikan dan lapangan pekerjaan,  sehingga masyarakat di dunia ini khususnya di Indonesia memiliki pelapisan social.

2.      KESAMAAN DERAJAT
      Kesamaan derajat adalah hubungan antara manusia dengan lingkungan, masyarakat, pemerintah dan negara tanpa adanya perbedaan, maksudnya Tiap-tiap masyarakat berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang laya dan  memiliki hak dan kewajiban dalam bernegara dan berbangsa sama seperti hak dan kewajiban pemerintah dan Negara mengatur masyarakatnya jadi kesamaan derajat itu timbal balik antara hubungan masyarakat dan pemerintah  tanpa adanya perbedaan.Dalam hal ini kita bias mengatakan bahwa Pelapisan sosial dan kesamaan derajat memiliki hubungan, karena saling berkaitan satu sama lain. Dari penjelasan pertama Pelapisan soasial berarti pembedaan masyarakat secara berkelas-kelas dalam masyarakat yaitu antara kelas bawah, sederhana, dan kelas elite, sedangkan Kesamaan derajat adalah suatu hal yang membuat bagaimana semua masyarakat ada yang berasal dari berbagai kalangan akan di kelompokan ke dalam kelas yang sama tanpa adanya perbedaan kekuasaan dan memiliki hak yang sama  sebagai warga negara, sehingga tidak ada pembatas antara kalangan atas dan kalangan bawah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT"