hosting indonesia

Teknologi Sms Guard




JAKARTA - Maraknya aksi penyadapan akhir-akhir ini, membuat banyak orang khawatir untuk menerima atau mengirim data berupa pesan singkat. Untuk itu, kini hadir aplikasi pengamanan pesan pendek (SMS) yakni SMS Guard.
- Kehadiran layanan SMS Guard, sebuah aplikasi pengamanan pesan pendek (SMS) mulai menarik perhatian publik. Apalagi ditengah isu penyadapan yang berkembang saat ini, SMS Guard menawarkan fitur anti forensik dan audit untuk menjamin privasi pelanggannya.

Dengan fitur anti forensik, maka jejak digital pengiriman SMS dalam smartphone pelanggan maupun server tidak tampak, sehingga analisa dan pengujian eksistensi konten SMS tersebut menjadi sulit atau mustahil untuk dilakukan," jelas Sujoko, Chief Product Officer ICK Company, provider layanan SMS Guard dalam keterangan yang diterima Okezone, Jumat (1/11/2013)


Sejarah SMS
SMS (Short Message Service) mulai dikembangkan tahun 1991, dan sekarang SMS ini telah diterima secara global sebagai wireless service yang memungkinkan transmisi atau pengiriman pesan alphanumeric (teks) antar telepon selular. Meskipun SMS hanya dibatasi 160 karakter saja, SMS adalah metode non-voice yang murah.
Namun dengan fitur SMS yang telah ada, timbul pertanyaan mengenai keamanan informasi jika seseorang ingin mengirim suatu informasi rahasia melalui fasilitas SMS. Permasalahan keamanan data muncul disini mengingat beberapa fasilitas transaksi dilakukan menggunakan media ini. SMS awalnya dirancang untuk komunikasi tidak sinkron dimana konten yang dikirimkan plain text. Bagaimanapun data plain text seperti ini dapat dicegat dijalan oleh siapa saja yang memiliki akses ke sistem SMS.
Server SMS milik operator merupakan salah satu pihak yang dapat mengambil data ini, walaupun dalam setiap perjanjian terdapat klausul tentang kerahasiaan data, akan tetapi data plain text yang dikirim dan berkasnya tersimpan diberbagai tempat baik di server milik operator maupun milik konten provider membawa satu potensi bahaya yang besar. Kelemahan itu dikarenakan SMS menggunakan standar pengkodingan yang universal, SMS dibangun dengan sistem bahasa program yang sejenis dengan bahasa program hardware seperti komputer dan telepon selular dapat menerjemahkan semua data dalam frekuensi tertentu yang terbuka (di udara) yang sangat rentan akan ancaman seperti penyadapan pihak yang tak bertanggung jawab. Kemudahan dalam bertukar informasi melalui SMS ini disalahgunakan oleh beberapa pihak. Beberapa orang dengan berbagai cara mencoba mencuri informasi yang bukan hak mereka. Hal ini tentunya akan sangat berbahaya untuk pengguna, terutama bagi mereka yang sering mengirimkan data dan informasi rahasia melalui SMS.
Isu Keamanan
Data-data yang dkirimkan melalui jaringan komputer dan internet sebagian adalah adalah data penting. Hal ini mengundang pihak lain untuk mencuri dan memanfaatkan data-data anda tersebut untuk keuntungan pribadinya.
Tentu saja, pemanfaatan hal tersebut akan merugikan pemilk data. Pencurian dan pemanfaaatan data-data oleh orang yang tidak berhak merupakan sebuah kejahatan.
SMS Guard Solusi Keamanan
SMS Guard adalah layanan aplikasi yang berbasis SMS (Short Message Service) yang menerapkan metode pengacakan data (enkripsi), Enkripsi adalah metode untuk mengacak dan menyusun ulang data sehingga hanya orang yang berhak dapat mengakses informasi didalamnya.
Sistem aplikasi ini berbentuk perangkat lunak yang ditanamkan pada smartphone anda, dengan adanya layanan ini pesan yang dikirim ataupun diterima oleh sesama pelanggan terjamin kerahasiaannya.
Pesan pendek yang dikirimkan pelanggan SMS Guard terlebih dahulu  dikirimkan ke server SMS Guard dan dienkrip (diproses menjadi kode-kode  acak) sebelum diteruskan ke ponsel sesama pelanggan yang dituju.


Jaminan 1000 Kali Lipat
Jaminan yang diberikan pengembang tidak main-main. Sebagai garansinya,  pengembang SMS Guard siap mengembalikan biaya berlangganan hingga 1000. kali lipat jika kode enkripsinya bisa dijebol pihak lain yang tidak berkepentingan.

“Bisnis kami sesungguhnya adalah menjamin privasi seseorang; ‘guarantee. your privacy’. Adalah hak asasi setiap orang untuk mendapatkan perlindungan keamanan akan data-data pribadinya. Termasuk keamanan data SMS pribadi,” yakinnya.

Sementara itu, Research and Development Manager SMS  Guard Sujoko. menambahkan pengamanan data SMS  tersebut memakai algoritma gabungan. block chipper dan stream chiper.

“Pengamanan ganda juga dilakukan dengan salt factor sebagai perkuatan kriptografi,”katanya.

Dengan teknologi tersebut konten data SMS sangat aman dari gangguan atau  sadapan dari pihak yang tidak berkepentingan. “Bahkan kami sebagai pengembang aplikasi dan penyedia layanan SMS Guard ini pun tidak akan  bisa tahu apa isi SMS tersebut. Karena begitu SMS diproses dan. dikirimkan dari ponsel pelanggan, otomatis langsung terenkripsi untuk. dikirim nomor yang dituju,” tegas Sujoko.

SMS Guard juga mempunyai fitur khusus masking nomor tujuan.Dengan fitur. ini nomor tujuan tersamarkan, sehingga semakin meningkatkan privasi bagi. para pelanggannya. Dengan demikian, data SMS akan sulit dilacak atau. anti forensic and audit, oleh pihak yang tidak berkepentingan.

Diterangkan pula, layanan SMS Guard ini murni berbasis jalur komunikasi  SMS, sama sekali tidak menggunakan data plan (jaringan internet).  Sehingga pelanggan SMS Guard tetap dapat berkomunikasi secara aman di  daerah yang minim layanan data provider seluler. Berbeda dengan layanan pesan lain yang lebih banyak mengandalkan jalur komunikasi data via jaringan internet.

“Jadi selama masih ada sinyal seluler di level terendah sekalipun, maka  sesama pelanggan SMS Guard dapat saling mengirimkan SMS yang telah  dienkrip,” ujarnya.

Aplikasi smartphone yang dikembangkan para pakar IT dan kriptologi bisa diunduh langsung di web 
www.smsguard.co.id. Ada tiga kategori layanan yang tersedia. Yakni: silver, gold dan platinum.

Masing-masing kategori memberikan tingkat pengamanan data. SMS yang berbeda-beda.

Setelah dipasarkan di dalam negeri, tahun depan depan SMS Guard  direncanakan akan menyasar segmen market di Amerika, Asia dan Eropa.  Pengembangan ke depan,pengamanan tidak hanya sebatas SMS tapi juga  untuk email dan voice (suara).

Fitur


  • Teknik Pengacakan Data ( Encryption )
  • Menyamarkan Nomor Tujuan ( Number Masking ) 
  • Kotak Pesan dengan Kata kunci ( Password Inbox ) 
  • Multi Platform ( iPhone, Android, Blackberry       Symbian ) 
  • Proses Berada Disisi Klien ( Client-Side Process ) 
  • Berbasis SMS ( Tanpa Koneksi Internet ) 
  • Anti Sadap 
  • Anti Forensik 
  • Anti Audit

 

Paket

Ada tiga kategori layanan yang tersedia yakni: silver, gold dan platinum. Masing-masing kategori memberikan tingkat pengamanan data SMS yang berbeda-beda.(*)

yakni silver Rp 130 ribu per bulan untuk 100 SMS dengan tingkat keamanan standar, Gold Rp 650 ribu per bulan untuk 500 SMS dengan tingkat keamanan tinggi, dan Platinum Rp 1,3 juta per bulan dengan tingkat keamanan sangat tinggi

Silver

  • No Key Renewal
  • Average Confidentiality
  • 100 SMS/bulan
  • Tingkat Keamanan Standar

Rp  130.000 /per bulan



Platinum

  • With Key Renewal
  • High Confidentiality
  • 1000 SMS/bulan
  • Tingkat Keamanan Sangat Tinggi
Rp  130.000 /per bulan

 

Gold

  • No Key Renewal
  • Medium Confidentialty
  • 500 SMS/bulan
  • Tingkat Keamanan Tinggi

Rp  650.000 /per bulan

Penambahan quota SMS: Rp 5.000/50 SMS**

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknologi Sms Guard"