hosting indonesia

Bijak Menggunakan Internet

Bijak Menggunakan Internet

Tidak semua orang tahu dan bisa menggunakan etika dalam dunia maya. Padahal sebagaimana dunia nyata, ada beberapa aturan yang sebaiknya, bahkan seharusnya, digunakan dalam berinteraksi di dunia maya, karena bagaimanapun juga sama-sama melibatkan peran manusia di dalamnya.
  • Di antara kita mungkin sering lupa bahwa file, status, email yang kita unggah melalui internet akan tersimpan, jadi akan dengan sangat mudah mengetahui kita mengatakan hal yang sebenarnya atau tidak hanya dengan memeriksa unggahan terdahulu. Oleh karena itu katakan hal sebenarnya dari awal sehingga kita tidak direpotkan oleh cross check pernyataan di kemudian hari. Selain itu harus diingat untuk selalu mencantumkan sumber referensi saat kita mengunggah ide atau gagasan yang kita kutip.
  • Jadi diri sendiri itu perlu, karena setiap manusia adalah unik. Tetapi tetap ada batasan bagaimana kita bersikap di dunia maya. Tidak semua hal dapat kita share di sini, termasuk di dalamnya mengungkapkan perasaan secara berlebihan, mengumbar aib sendiri maupun orang lain, serta memancing emosi dan debat kusir. Emosi dan perasaan manusia tetaplah sama, baik di dunia nyata maupun maya. Bijaklah dalam menyeleksi apapun yang kita unggah karena itu pula yang membentuk citra diri kita di mata pengguna internet lain.
  • Mengetahui waktu dan tata bahasa saat kita berinteraksi di dunia maya juga tidak kalah penting. Pilihan waktu mengirim email dan bahasa yang digunakan mencerminkan etika kita dalam berinternet. Gunakan bahasa resmi dan konservatif saat mengirim email formal. Begitu pula dalam menggunakan sodial media, gunakan ejaan dan tata ketik yang benar sehingga mudah dipahami oleh orang yang kita tuju. Selain itu hindari penggunaan caps lock yang mengesankan bahwa kita sedang berteriak atau marah.
  • Dunia maya itu kejam. Apakah benar seperti itu? Memang via online banyak orang yang jadi mempunyai nyali berlipat untuk mengungkapkan apa yang dirasakan karena merasa tidak berhadapan langsung dengan lawan bicara, namun demikian kita harus mengingat bahwa dunia sudah terhubung dengan spider web begitu luasnya sehingga internet bisa diakses oleh sebagian besar penduduk dunia. Tetap menimbang rasa terhadap orang lain adalah yang paling tepat saat kita berkomunikasi ataupun mengungkapkan gagasan-gagasan kita. Begitu pula dengan orang yang cenderung 'perasa', harus bisa menyiapkan mental saat menceburkan diri di dunia internet utamanya media sosial yang katanya memberikan peluang mudah untuk melakukan bullying terhadap orang lain.
  • Peduli dengan orang di sekitar kita. Bagi sebagian orang, media sosial itu seperti candu, sampai tidak menghiraukan orang-orang di sekitar kita. Banyak kasus ibu yang mengabaikan anaknya hanya karena sibuk memantau jejaring sosialnya. Tidak sedikit pula pemandangan anak-anak muda berkumpul bersama hanya untuk menunduk memencet ponsel masing-masing tanpa bercakap-cakap secara verbal dengan teman-teman di dekatnya.
  • Terakhir berkaitan dengan aktivitas perdagangan online yang sedang booming saat ini. Jika anda penjual, santunlah dalam melakukan penawaran kepada orang lain, jangan melakukan spamming yang hanya akan membuat orang tidak respek terhadap produk anda. Jika anda pembeli, bijaklah dalam memilih situs yang menawarkan barang/jasa di internet, lakukan komunikasi elektronik lain kepada penjual, bisa melalui sms, online chatting, email, ataupun telepon secara langsung. Sebelum melakukan transaksi, pastikan bahwa anda yakin OS tersebut bisa dipercaya.
Demikian sedikit dari sekian banyak internet ethic yang seharusnya kita jalankan dalam berinteraksi di dunia maya. Yang paling utama adalah manfaatkan internet dengan bijak, gali informasi dan ilmu sebanyak mungkin, manfaatkan kemudahan yang diberikan, namun jangan terjebak untuk meninggalkan kesantunan dalam berinternet.
 
sumber: http://in-mov.blogspot.com/2014/06/bijak-menggunakan-internet.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bijak Menggunakan Internet "