Variabel adalah sebuah bentuk dari penyimpanan
suatu data yang digunakan Programmer atau Software Engineer untuk menyimpan serta menggunakan data pada
perintah-perintah yang ditulisnya dalam bentuk syntax.
Varibel merupakan hal yang sangat
penting untuk diketahui dan dikuasai oleh seseorang yang membuat
sebuah program/aplikasi.
Dalam Penggunaannya bisa
berbeda-beda berdasarkan Bahasa Pemrograman yang digunakan. Namun, fungsinya
tetap sama, yaitu menyimpan sebuah data yang biasanya hanya sementara.
Salah satu penggunaan Variabel yang
sederhana adalah, apabila kita ingin menyimpan suatu pengaturan sementara.
Saya akan membahas kasus untuk
dianalisa bersama, tentang bagaimana variabel pada Pemrograman bekerja, dan
digunakan untuk sebuah Permainan. Dengan asumsi, bahwa permainan tersebut telah
diprogram dengan baik (Struktur telah diprogram dari pemilihan tingkat
kesulitan, sampai masuk ke dalam permainan).
Dalam sebuah Permainan, variabel
bisa digunakan untuk menyimpan data/informasi tingkat/level berapa Permainan akan dimulai.
Pertama, Komputer/Prosesor akan membaca data dari variabel
tersebut,
Kedua, Komputer akan menjalankan perintah sesuai dengan syntax,
berdasarkan data dari variabel tersebut.
Sederhananya, pada Interaksi
Komputer dan Manusia, (Human-Computer Interaction), Manusia/Pemain pada
permainan tersebut akan memilih tingkatan/level yang ingin dimainkan. Setelah kondisi pengisian variabel
telah terkena/trigger telah masuk, secara teknis saat pemain tersebut melakukan
klik pada tombol yang menentukan tingkat/level,
komputer/prosesor akan mengisi variabel sesuai dengan tombol yang diklik.
Misalnya jika tombol yang diklik
adalah tombol untuk masuk ke tingkat 2, maka komputer/prosesor akan mengisi
variabel (misal: varLevel adalah sebuah Integer) varLevel dengan angka 2 (dua).
Dengan kata lain, data yang dapat
kita analisa tentang variabel varLevel ini seperti tabel berikut :
Nama
Variabel
|
Tipe
Data
|
Isi
Data
|
varLevel
|
Integer
(int)
|
2
|
Setelah variabel tersebut (vaLevel)
telah terisi, permainan akan membawa perintah ke permulaan permainan dari
Tingkat dua. Disinilah komputer/prosesor akan menggunakan variabel varLevel
sebagai dasar untuk menentukan tingkat kesulitan dalam permainan.
Komputer/prosesor akan membaca variabel varLevel. Pseudocodenya seperti berikut
:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
|
if varLevel
= 2 then //Jika varLevel adalah 2,
//maka, waktu yang
diberikan adalah 30 detik
varWaktu = 30
elseif varLevel = 3
then //Jika varLevel adalah 3,
//maka, waktu yang
diberikan adalah 25 detik
varWaktu = 25
//dan seterusnya..
...
endif
|
Asumsi variabel varWaktu juga
merupakan Angka dengan tipe data integer, dalam kode di atas, programmer
mengatur perbedaan waktu diantara tingkat kesulitan yang disediakan.
Cara membacanya adalah :
Jika Pemain memilih tingkat 2, maka
permainan akan dimulai dan diberikan dengan waktu sebanyak 30 detik untuk
diselesaikan.
Jika Pemain memilih tingkat 3, maka
permainan akan dimulai dan diberikan dengan waktu sebanyak 25 detik untuk
diselesaikan.
--
Dengan kata lain, semakin tinggi
tingakatannya, semakin sedikit waktu yang diberikan untuk menyelesaikan
permainan tersebut.
Logikanya, Programmer menggunakan
variabel untuk menyimpan data yang umumnya hanya sementara, sehingga jika
pemain memulai permainan kembali dan memilih tingkat kesulitan yang lain,
varibal tersebut akan berubah sesuai dengan pilihan pemain yang berikutnya
dibaca oleh komputer/prosessor.
Karena bersifat sementara itulah
yang seringkali varibel digunakan berkali-kali untuk lebih dari satu macam
kasus/trigger.
Jika Anda ingin menyimpan data
secara permanen atau tidak berubah, gunakanlah Konstanta atau sering disebut
"const".
Lain halnya jika Anda ingin
menyimpan data permainan yang dapat berubah, namun tetap memperbaharui data
seperti data untuk menyimpan permainan (Sering dikenal dengan metode Save
Games), sehingga dapat dilanjutkan pada saat pemain ingin melanjutkan
permainan.
Metode ini sebaiknya digunakan
dengan cara menyimpan dalam bentuk arsip/file, sehingga
Anda tinggal memrogram permainan untuk membaca data permainan untuk dilanjutkan
berdasarkan arsip tersebut. Berbeda dengan varibel yang dibuat dan dibaca di
dalam program, karena variabel hanya dibuat dan disimpan disaat program
berjalan, sehingga di variabel akan hilang tidak sepertii metode menyimpan data
pada arsip di luar program.
Banyak contoh penggunaan variabel di
program/aplikasi lain selain permainan, seperti perkakas atau program kantor
dan sebagainya.
Semoga Artikel ini Membantu
Pemahaman Pembaca tentang Variabel !
0 Response to "Memahami Variabel pada Pemrograman"
Posting Komentar