hosting indonesia

Memahami Variabel pada Pemrograman




Variabel adalah sebuah bentuk dari penyimpanan suatu data yang digunakan Programmer atau Software Engineer untuk menyimpan serta menggunakan data pada perintah-perintah yang ditulisnya dalam bentuk syntax.
Varibel merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui dan dikuasai oleh seseorang yang membuat sebuah program/aplikasi.
Dalam Penggunaannya bisa berbeda-beda berdasarkan Bahasa Pemrograman yang digunakan. Namun, fungsinya tetap sama, yaitu menyimpan sebuah data yang biasanya hanya sementara.
Salah satu penggunaan Variabel yang sederhana adalah, apabila kita ingin menyimpan suatu pengaturan sementara.
Saya akan membahas kasus untuk dianalisa bersama, tentang bagaimana variabel pada Pemrograman bekerja, dan digunakan untuk sebuah Permainan. Dengan asumsi, bahwa permainan tersebut telah diprogram dengan baik (Struktur telah diprogram dari pemilihan tingkat kesulitan, sampai masuk ke dalam permainan).
Dalam sebuah Permainan, variabel bisa digunakan untuk menyimpan data/informasi tingkat/level berapa Permainan akan dimulai.
Pertama, Komputer/Prosesor akan membaca data dari variabel tersebut,
Kedua, Komputer akan menjalankan perintah sesuai dengan syntax, berdasarkan data dari variabel tersebut.
Sederhananya, pada Interaksi Komputer dan Manusia, (Human-Computer Interaction), Manusia/Pemain pada permainan tersebut akan memilih tingkatan/level yang ingin dimainkan. Setelah kondisi pengisian variabel telah terkena/trigger telah masuk, secara teknis saat pemain tersebut melakukan klik pada tombol yang menentukan tingkat/level, komputer/prosesor akan mengisi variabel sesuai dengan tombol yang diklik.
Misalnya jika tombol yang diklik adalah tombol untuk masuk ke tingkat 2, maka komputer/prosesor akan mengisi variabel (misal: varLevel adalah sebuah Integer) varLevel dengan angka 2 (dua).
Dengan kata lain, data yang dapat kita analisa tentang variabel varLevel ini seperti tabel berikut :
Nama Variabel
Tipe Data
Isi Data
varLevel
Integer (int)
2
Setelah variabel tersebut (vaLevel) telah terisi, permainan akan membawa perintah ke permulaan permainan dari Tingkat dua. Disinilah komputer/prosesor akan menggunakan variabel varLevel sebagai dasar untuk menentukan tingkat kesulitan dalam permainan. Komputer/prosesor akan membaca variabel varLevel. Pseudocodenya seperti berikut :


?

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
if varLevel = 2 then //Jika varLevel adalah 2,

//maka, waktu yang diberikan adalah 30 detik
varWaktu = 30

elseif varLevel = 3 then //Jika varLevel adalah 3,

//maka, waktu yang diberikan adalah 25 detik
varWaktu = 25

//dan seterusnya..
...

endif

Asumsi variabel varWaktu juga merupakan Angka dengan tipe data integer, dalam kode di atas, programmer mengatur perbedaan waktu diantara tingkat kesulitan yang disediakan.
Cara membacanya adalah :
Jika Pemain memilih tingkat 2, maka permainan akan dimulai dan diberikan dengan waktu sebanyak 30 detik untuk diselesaikan.
Jika Pemain memilih tingkat 3, maka permainan akan dimulai dan diberikan dengan waktu sebanyak 25 detik untuk diselesaikan.
--
Dengan kata lain, semakin tinggi tingakatannya, semakin sedikit waktu yang diberikan untuk menyelesaikan permainan tersebut.
Logikanya, Programmer menggunakan variabel untuk menyimpan data yang umumnya hanya sementara, sehingga jika pemain memulai permainan kembali dan memilih tingkat kesulitan yang lain, varibal tersebut akan berubah sesuai dengan pilihan pemain yang berikutnya dibaca oleh komputer/prosessor.
Karena bersifat sementara itulah yang seringkali varibel digunakan berkali-kali untuk lebih dari satu macam kasus/trigger.
Jika Anda ingin menyimpan data secara permanen atau tidak berubah, gunakanlah Konstanta atau sering disebut "const".
Lain halnya jika Anda ingin menyimpan data permainan yang dapat berubah, namun tetap memperbaharui data seperti data untuk menyimpan permainan (Sering dikenal dengan metode Save Games), sehingga dapat dilanjutkan pada saat pemain ingin melanjutkan permainan.
Metode ini sebaiknya digunakan dengan cara menyimpan dalam bentuk arsip/file, sehingga Anda tinggal memrogram permainan untuk membaca data permainan untuk dilanjutkan berdasarkan arsip tersebut. Berbeda dengan varibel yang dibuat dan dibaca di dalam program, karena variabel hanya dibuat dan disimpan disaat program berjalan, sehingga di variabel akan hilang tidak sepertii metode menyimpan data pada arsip di luar program.
Banyak contoh penggunaan variabel di program/aplikasi lain selain permainan, seperti perkakas atau program kantor dan sebagainya.
Semoga Artikel ini Membantu Pemahaman Pembaca tentang Variabel Laughing!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memahami Variabel pada Pemrograman"