hosting indonesia

Pengertian Cinta Kasih


Pengertian Cinta Kasih

Pengertian cinta kasih adalah suatu perasaan yang lahir dari hati seseorang  yang timbul dengan sendirinya dan suatu asa  ingin memberikan kasih sayang, perlindungan, kenyamanan, kebahagiaan, dan ketentraman kepada seseorang secara tulus dan ikhlas tanpa ada paksaan atau tuntutan dan tanpa berharap imbalan apapun. Cinta kasih bersifat universal, Seperti perasaan orangtua, cinta ibu kepada anak, keluarga, teman, pacar,  orang-orang sekitar dan perasaan cinta tuhan kepada umatnya yang betaqwa.  Cinta yang tulus akan menimbulkan nilai-nilai kejiwaan yang selalu tulus dan berserah.
Cintakasih bersumber pada ungkapan perasaan yang sisukung oleh unsur karsa yang dapat berupa tingkah laku dan pertimbangan dengan akal yang menimbulkan tanggung jawab.

Macam-Macam Cinta Kasih

Ada beberapa macam cinta kasih, yaitu sebagai berikut :
a.       Cinta kasih antara orang tua dan anak
Orang tua yang memenuhi kebutuhan anaknya, berarti mempunyai cinta dan kasih sayang terhadap anaknya
b.      Cintakasih antara pria dan wanita
Seorang peria menaruh perhatian kepada seorang gadis dengan perilaku baik, lemah lembut, sopan, simpati, itu adalah sebagian tanda bahwa ia menaruh cinta terhadap gadis tersebut.
c.       Cinta kasih antara sesame manusia
Bukti cinta antara sesame manusia adalah apabila seorang sahabat berkunjung kerumah kawannya yang sedang sakit dan ia menunjukan bentuk keperduliannya berarti ia menaruh rasa cinta dan kasih saying terhadap kawannya.
d.      Cinta kasih antara manusia dan tuhan
Seseorang bias di bilang memiliki cinta kasih dengan tuhan apabila ia taat dalam beribadah,  melakukan kebaikan” dengan iklas dan menjalankan perintah tuhan serta menjauhi segala larangannya, maka orang tersebut mempunyai cinta kepada tuhan sang penciptanya.
e.       Cinta kasih manusia terhadap lingkungannya.
Manusia yang cinta akan lingkungannya ialah manusia yang perduli akan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, merawat tanaman dengan baik, tidak menebang hutan secara sembarangan.

Kasih Sayang

Kasih sayang adalah suatu sikap saling menghormati dan mengasihi semua ciptaan Tuhan baik makhluk hidup maupun benda mati. Seperti menyayangi diri sendiri berdasarkan hati nurani yang luhur.
Kasih sayang adalah faktor yang paling penting dalam kehidupan karna setiap orang ingin diperhatikan baik dari keluarga ataupun orang-orang dilingkungan sekitar orang itu bersosialisasi. Apabila manusia hidup tanpa mendapatkan kasih sayang dapat mengganggu perkembangan psikis orang tersebut. Manusia akan merasakan kekeringan apabila hidup tanpa kasih sayang.

Kemesraan

Kemesraan berasal dari kata dasar mesra yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan adalah hubungan akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asamara maupun yang sudah berumah tangga. kemesraan merupakan perwujudan kasih sayang yang telah mendalam. Kemesraan adalah perwujudan dari cinta, kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitasmanusia, kemesraan dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan bakatnya.

Belas Kasihan

Belas kasihan adalah emosi manusia yang muncul akibat melihat penderitaan orang lain. Rasa belas kasihan membuat orang-orang merasa iba sehingga ingin menolong atau memberikan sesuatu yang bisa membahagiakan atau meringankan beban orang-orang yang mengalami kesulitan atau musibah.
Belas kasihan juga dilandaskan dengan rasa kasih sayang sesama manusia. Jadi sesama umat manusia kita harus saling tolong menolong untuk meringkankan beban setiap orang yang mengalami kesulitan. Sehingga setiap orang dapat merasakan kebahagiaan.

Cinta Kasih Erotis

Cinta kasih erotis adalah rasa cinta yang dipenuhi oleh rasa nafsu dan rasa ingin memiliki lebih. Yang saya tahu rasa cinta seperti ini biasanya dimiliki oleh orang yang sudah menikah atau mempunyai hubungan suami-istri.

 Ungkapan Cinta Kasih

Cinta kasih adalah ungkapan perasaanyang di wujudkan dengan tingkahlaku, seperti dengan kata-kata, tulisan, gerak, bahasa tubuh atau media lainnya.
Orang yang mempunyai perasaan cinta kasih, hidupnya akan penuh gairah, dan penuh kreatif bagi seniman cinta kasih dapat di tuangkan dalam bentuk karya budaya sehingga dapat di nikmati pula oleh masyarakat. Dengan demikian masyarakat dapat memetik nilai-nilai kemanusiaan yang terungkap melalui karya budaya itu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Cinta Kasih"