hosting indonesia

INDIVIDU KELUARGA DAN MASYARAKAT

 Individu, Keluarga dan Masyarakat

1.      Individu

A.  Pengertian Individu

Induvidu merupakan hal yang bersifat hidup berdiri sendiri atau manusia perseorangan, Maka dapat disimpulkan bahwa individu adalah manusia yang memiliki peranan khas atau spesifik dalam kepribadiannya. Dan terdapat tiga aspek dalam individu yaitu aspek jasmani, rohani dan aspek sosial. Dimana aspek aspek tersebut saling berhubungan. Apabila salah satu rusak maka akan merusak aspek lainnya.


B. Pertumbuhan Induvidu

    Pertumbuhan individu adalah proses terjadinya perkembangan atau perubahan pada diri seseorang neliputi pertumbuhan raga, umur, kedewasaan, dan pertumbuhan pola pikir. proses itu terjadi secara bertahap dan tak langsung tanpa di sadari . Pada Umumnya pertumbuhan individu sejak lahir sampai masa dewasa terbentuk melalui beberapa fase atau prose, proses pertumbuhan pertama yaitu terjadi ketika kita berada di alam rahim hingga terlahir menjadi seorang bayi, setelah melalui masa bayi kita juga melewati masa kanak-kanak, masa dimana kita mulai mengamati dan belajar sesuatu hingga pertumbuhan induvidu itu terus berkembang sampai pada masa remaja ,Pada masa remaja individu lebih aktif  menggunakan fungsi-fungsi biologis untuk menemukan berbagai hal dalam dunianya.


C. Faktor-Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan Induvidu

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan adalah faktor generic dan faktor lingkungan. Faktor generic merupakan faktor keturunan, bersifat tetap atau tidak berubah sepanjang kehidupan. Sedangkan faktor lingkungan sifatnya mempengaruhi individu.


2.     Keluarga


A. Pengertian Keluarga & Fungsi Keluarga


Keluarga adalah sekelompok induvidu yang memiliki hubungan khusus dan sekaligus merupakan suatu unit kecil dalam masyarakat. dan Kelompok ini juga akan melahirkan individu baru dengan berbagai macam bentuk kepribadiannya dalam masyarakat. jadi setiap keluarga harus melahirkan induvidu yang potensial untuk keluarga karna  keluarga sangat berperan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Jika unit sosial terkecil itu baik, maka baiklah masyarakat, bangsa, dan Negara dan sebaliknya, jika keluarga itu berantakan, maka masyarakat, bangsa dan Negara juga berantakan. karna keluarga adalah sebagai pusat pendidikan, pusan ekonomi, pusat, pusat kasih sayang dan pusat pemenuhan kebutuhan lahiriyah dan batiniyah.

Keluarga juga Berfungsi untuk memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarganya yaitu : sandang, pangan dan papan. dan juga berfungsi sebagai dasar kekuatan di dalam masyarakat dan negara, untuk mencapai keluarga yang sejahtera dan aktif setiap keluarga harus melakukan  suatu pekerjaan-pekerjaan atau tugas-tugas yang harus dilaksanakan di dalam atau oleh keluarga itu.


3.      Pengertian Masyarakat

Masyarakat adalah sekelompok induvidu manusia yang memiliki tatanan hidup, norma-norma, adat istiadat yang sama-sama ditaati dalam lingkungannya. Tatanan kehidupan, norma-norma, dan adat istiadat itulah yang menjadi dasar kehidupan sosial dalam lingkungan mereka, sehingga dari pengertian tersebut bahwa masyarakat dapat membentuk suatu kelompok manusia yang memiliki ciri-ciri kehidupan yang khas. Selain itu Suatu kelompok masyarakat dapat juga berupa suatu suku bangsa, kultur budaya, atau juga berlatar belakang dari berbagai suku.


4.      Urbanisasi

  Urbanisasi adalah suatu proses atau langkah perpindahan  penduduk dari desa ke kota. Secara umum, sekarang inii tidak sedikit manusia yang melakukan urbanisasi, maka dari itu boleh jadi dalam setiap daerah terdapat beberapa orang yang memiliki suku, budaya, dan tempat kelahiran yang berbeda,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INDIVIDU KELUARGA DAN MASYARAKAT"