hosting indonesia

Membuat Keputusan dengan Metode Linier Programming

Membuat Keputusan dengan Metode Linier Programming

NAMA : Khoirudin           
KELAS : 3KA04
NPM : 14113839
Suatu perusahaan akan memproduksi 2 macam barang yang jumlahnya tidak boleh lebih dari 18 unit. Keuntungan dari kedua produk tersebut masing-masing adalah Rp. 750,- dan Rp. 425,- per unit. Dari survey terlihat bahwa produk I harus dibuat sekurang-kurangnya 5 unit sedangkan produk II sekurang-kurangnya 3 unit. Mengingat bahan baku yang ada maka kedua produk tersebut dapat dibuat paling sedikit 10 unit.
Pertanyaan :
Tentukan banyaknya produk yang harus dibuat untuk mendapatkan keuntungan yang maksimum ? Formulasikan dan selesaikan masalah ini !
Jawaban formulasi

Mencari keuntungan maksimum

Mencari nilai produk I



·         Mencari nilai produk II
α + β = 18
(-22) + β = 18
β = 18 + 22
β = 40
·         Mencari nilai produk III
·         Dari perhitungan tersebut, maka didapatkan hasil sebagai berikut :
Produk I (α) = -22
Produk II (β) = 40
·         Menghitung laba
Laba (χ) = 750α + 425β
= 750 (-22) + 425 (40)
= (-16500) + 17000
= 500
Dari perhitungan diatas, maka didapatkan keuntungan (laba) maksimal sebesar 500.

Dari perhitungan tersebut, maka didapatkan hasil sebagai berikut :
Produk I (α) = -22
Produk II (β) = 40
Menghitung laba
Laba (χ) = 750α + 425β
= 750 (-22) + 425 (40)
= (-16500) + 17000
= 500

Dari perhitungan diatas, maka didapatkan keuntungan (laba) maksimal sebesar 500.

Implementasi Excel



Sabtu, 23 April 2016

TEKNOLOGI YANG MENGUBAH DUNIA

Teknologi otomotif adalah berbagai macam inovasi yang terus dihadirkan dan dikembangkan untuk memberikan kenyamanan, keamanan, hingga menciptakan pengendaraan yang lebih berkualitas dari waktu ke waktu. Berbagai macam produsen pun telah berlomba lomba untuk lebih maju dalam setiap teknologi yang di terapkan pada mobil-mobil mereka.

Aplikasi teknologi ramah lingkungan di dunia automotif semakin nyata. Teknologi tersebut menjadikan mobil-mobil mampu bersahabat dengam lingkungan. Ketua pelaksana Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 Johnny Darmawan berharap tema ”Smart Mobility Vehicle” yang diusung peserta pemeran mampu membawa perkembangan dunia automotif ke arah mobilitas cerdas. “Tidak hanya memberikan kenyamanan visual dan keasyikan berkendara, juga ekonomis dan bersahabat dengan lingkungan, “ujar Johnny.

Mobilitas cerdas memang bukan sekedar utopia belaka. Saat ini setiap produsen mobil di dunia menjadikan tema tersebut sebagai bagian dari tanggung jawab mereka untuk menjadikan dunia yang lebih baik lagi. Hal itu tergambar jelas di stan beberapa peserta pameran IIMS 2013. Teknologi pengubah dunia yang mereka ciptakan pun menarik untuk dicermati.beberapa produsen menyulap mesin-mesin mobil menjadi lebih bersahabat dengan lingkungan.

Meski menggunakan mesin konvensional, konsumsi bahan bakar dibuat minimal dan emisi gas buang diperkecil. Produsen automotif tersebut diantaranya Honda dengan Earth Dream Technology, Mazda dengan Skyactiv, Ford dengan EcoBoost. Semua teknologi tersebut sudah diaplikasikan di berbagai mobil mereka yang dipamerkan di IIMS 2013.

Sementara, peodusen lain menempuh cara lain. Penggunaan mesin hybrid menjadi garda depan untuk membuat hidup yang lebih baik. Mobl-mobil hybrid mereka pun dibawa di IIMS 2013. Misalkan Toyota dengan TS030, Mitsubishi dengan Outlander PHEV, dan Nissan dengan TeRRA.

Apakah mesin itu sekedar ditampilkan semata ? Jawabannya tidak. Beberapa teknologi tersebut bahkan sudah dirasakan oleh kita. Mazda semakin melengkapi varian mobilnya dengan teknologi Skyactiv. Setelah Mazda CX5 2.0, Mazda CX5 2.5, dan Mazda6. Kini Mazda Biante juga dicangkokkan teknologi Skyactiv.

Beberapa mobil Honda malahan sudah jauh lebih dulu menggunakan Earth Dream Technolgy. Mobil-mobil mereka seperti Honda Accord dan Honda Civic paling terdepan di teknologi tersebut. Ford Fiesta dengan teknologi EcoBoost akan dipasarkan di Indonesia pada tahun depan. Jadi, percayalah, dunia automotif tidak akan berpangku tangan dalam memperbaiki dunia agar jauh lebih baik


Kesimpulan

Dengan terselenggaranya acara Indonesia International Motor Show ini dapat memudahkan konsumen untuk memilih kendaraan sesuai keunggulan dan kebutuhan serta menambah wawasan konsumen. acara ini memberi peluang bagi produsen mobil untuk mengembangkan teknologi produk dan jenis jenis pengembangannya. Ini dorongan yang positif untuk inovasi produknya untuk pengguna kendaraan maupun kehidupan manusia yang lebih baik lagi.

Saran

Tidak ada salahnya Pemerintah turut menyertakan kategori pengembangan teknologi dalam negeri, dengan maksud memberi kesempatan kepada masyarakat indonesia yang mampu berinovasi di bidang otomotif juga.



DAFTAR PUSTAKA


Wahyu Sibarani, T. 2013. “Teknologi Yang Mengubah Dunia”. Dalam Sindo. 22 September. Jakarta : halaman 27.

http://www.auto-car.co.id/content/look/3/12/Sembilan-Teknologi-Otomotif-Terkini
http://www.rizkynugraha90.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Keputusan dengan Metode Linier Programming"