hosting indonesia

Penjelasan Macam-Macam Media Sosial

Nama: Khoirudin
NPM: 14113839
Kelas: 4KA04

  • Sebutkan dan analisa 5 contoh sosial media, fitur unggulan, dan aktifitas terbanyak yang dapat dilakukan dengan sosial media tersebut. 
  • Jelaskan masing-masing komunitas apa saja yang terbentuk melalui sosial media tersebut beserta aktifitas yang dilakukan sosial media tersebut
  • Jelaskan dampak positif dan negatif yang terjadi
  • Kumpulan berbagai ilustrasi yang populer dipublikasikan

Media Sosial Facebook



Media sosial buatan Mark Zuckerberg ini memang menduduki peringkat pertama media sosial yang paling banyak di gunakan di dunia. Anda mungkin termasuk pengguna media sosial yang satu ini kan? terlepas suka atau tidak suka, saat ini Facebook merupakan media sosial paling populer di dunia.

Sejak diluncurkan pada tahun 2004 silam Facebook sudah dilengkapi berbagai fitur yang memanjakan para penggunanya, mulai dari yang awam soal internet sampai yang sudah ahli sekalipun tidak akan mengalami kesulitan menggunakan Facebook sebagai sara berbagi informasi di dunia maya. Kepopuleran Facebook inilah yang mengantarkan Mark Zuckerberg menjadi salah satu orang terkaya di dunia diusia yang masih muda.

* Fitur pada Facebook

  • 1.  Wall : adalah ruang di setiap halaman profil pengguna yang memungkinkan teman-teman mengirimkan pesan ke pengguna agar dibaca sekaligus menampilkan waktu dan tanggal pesan ditulis.
  • 2.  Status Update : Facebook memiliki fitur bernama “status update” yang memungkinkan pengguna mengirimkan pesan ke semua teman mereka agar dapat dibaca.
  • 3.     Photo Tagging : yang membuat kita dapat mengetahui nama-nama dari orang-orang yang ada di sebuah foto.
  • 4.      Chat : pengguna facebook dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya melalui fitur chat.
  • 5  Games : sebagian besar games tersebut memungkinkan kita dapat berinteraksi dengan teman-teman kita di Facebook di dalam games tersebut. Banyaknya games juga didukung oleh diperbolehkannya setiap orang untuk membuat aplikasi Facebook sendiri.
  • 6.  Notification : memberikan notifikasi kepada pengguna mengenai update-update terbaru yang berkaitan dengan akun facebook-nya.
  • 7.   Friend Request : seorang pengguna dapat meminta kepada pengguna lainnya untuk ditambahkan ke dalam daftar teman facebook-nya dengan mengirimkan friend request, dan hal tersebut dapat diterima maupun ditolak.
Dampak Positif Facebook
     1.       Mempererat Hubungan Silaturahmi
     2.       Sebagai Media Promosi
     3.       Tempat Sarana Diskusi
     4.       Tempat Penyimpanan Data Pribadi
     5.       Berbagi Informasi
Dampak Negatif Facebook
     1.       Mengganggu Pekerjaan
     2.       Interaksi Sosial Berkurang
     3.       Dapat Menimbulkan Kesalahpahaman Antar Pengguna Facebook
     4.       Penipuan
     5.       Pencurian Identitas
Komunitas yang terbentuk dari facebook
Beautiful Indonesia
Komunitas ini khusus membahas tempat keren di Indonesia, termasuk yang belum banyak diketahui masyarakat. Komunitas ini sudah menjelajahi keindahan indonesia yang sangat mempesona.

Kumpulan berbagai ilustrasi



Media Sosial Twitter



Pada peringkat kedua media sosial yang paling populer di dunia adalah Twitter. Yup, media sosial yang mirip dengan microblog ini tercatat sebagai media sosial yang paling aktif penggunanya. Sejak diluncurkan tahun 2006 Twitter tumbuh dengan pesat dan saat ini sudah mencapai 284 juta pengguna.
Bagi yang suka membagikan status yang singkat jelas dan padat Twitter adalah tempat yang tepat untuk Anda. Hampir seluruh pengguna internat menggunakan Twitter, diantaranya selebritis, politikus, dan juga relawan mereka semua menggunakan media sosial ini untuk kepentingan masing-masing.

Fitur pada Twitter


  • 1.       Tweets: teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna.
  • 2.       Following: akun seseorang yang mengikuti (menjadi follower) akun pengguna lain agar tweets yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utamanya.
  • 3.       Mentions: biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.
  • 4.       Hashtag: ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga.
  • 5.       Trending Topic: topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.

Dampak Positif Twitter 
     1.       Sebagai media promosi
     2.       Memperluas pergaulan
     3.       Media informasi
     4.       Sebagai alat komunikasi jarak jauh
     5.       Meraih kepopuleran 
Dampak Negatif Twitter
     1.       Menjadi pemicu konflik antar pengguna account
     2.       Menjadi tergantung atau kecanduan pada twitter
     3.       Membatasi pertemuan tatap muka
     4.       Menghabiskan waktu
Komunitas pada Twitter
Stand Up Comedy Indonesia, @StandUpIndo
Hanya dengan waktu kurang dari satu tahun, komunitas pecinta komedi tunggal telah menjadi salah satu contoh komunitas yang populer dan paling banyak diperbincangkan  di Twitter. Komunitas yang merupakan hasil gagasan dari Ernest Prakasa ini mendapat sambutan yang cukup hangat di kalangan masyarakat. Apalagi, saat ini komunitas tersebut mulai berkembang tak hanya di ibukota. Komedi tunggal telah merambah ke beberapa daerah di nusantara.
Rangkaian kegiatan komunitas yang rutin dilakukan oleh para Comic (sebutan untuk orang yang melakukan stand-up comedy) adalah melatih kepiawaian comic tersebut. Mereka mencoba materi komedi ke sesama comic pada acara Open Mic yang telah dirancang pada waktu yang telah ditentukan.


Kumpulan berbagai ilustrasi




Media Sosial Instagram


Instagram merupakan media sosial tempat berbagi foto atau video yang paling populer saat ini. Pada awalnya Instagram hanya tersedia di aplikasi IOS (iphone / ipad), tapi saat ini sudah tersedia untuk berbagai OS yang lain seperti android, symbian, windows phone, dll. Kelebihan dari media sosial Instagram adalah bisa mengedit foto agar terlihat lebih bagus dan profesional.
Fitur yang tersedia di media sosial ini hampir sama dengan media sosial yang lain yaitu ada hashtag, ada comment, ada mention, ada like, ada follow, banyak masih banyak lagi yang lainya. Hampir setiap hari ada jutaan foto dan video yang telah di unggah di Instagram, Bagaimana apakah Anda sudah mempunyai media sosial yang satu ini?

Fitur pada Instagram

  • 1.       Pengikut: Sistem sosial di dalam Instagram adalah dengan menjadi mengikuti akun pengguna lainnya, atau memiliki pengikut Instagram.
  • 2.       Mengunggah Foto: Kegunaan utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk mengunggah dan berbagi foto-foto kepada pengguna lainnya. Foto yang ingin diunggah dapat diperoleh melalui kamera iDevice ataupun foto-foto yang ada di album foto di iDevice tersebut.
  • 3.       Kamera: Foto yang telah diambil melalui aplikasi Instagram dapat disimpan di dalam iDevice tersebut.
  • 4.       Efek foto: Pada versi awalnya, Instagram memiliki 15 efek foto yang dapat digunakan oleh para pengguna pada saat mereka hendak menyunting fotonya. Efek tersebut terdiri dari: X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster, Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Apollo, Poprockeet, Nashville, Gotham, 1977, dan Lord Kelvin.
  • 5.       Judul foto: Setelah foto tersebut disunting, maka foto akan dibawa ke halaman selanjutnya, dan foto tersebut akan diunggah ke dalam Instagram ataupun ke jejaringan sosial lainnya dan memasukkan judul foto.
  • 6.       Geotagging        : Kita bisa menshare lokasi foto
  • 7.       Like                    : Bila kita menyukai share foto atau video user lain
Dampak positif Instagram
1.       Termotivasi untuk belajar dan mengembangkan diri melalui teman – teman yang mereka jumpai secara online di dunia maya.

2.       Untuk Promosi.

3.       Media untuk Online Shop.

4.       Memudahkan untuk berinteraksi dengan orang banyak

Dampak negatif Instagaram
1.       Menjadi lupa waktu.
2.       Lebih sering bermain media sosial daripada berinteraksi secara langsung.
3.       Meningkatkan pengeluaran karena adanya Online Shop.

Komunitas pada Instagam
Memiliki akun induk @instanusantara, komunitas ini bisa dikatakan sebagai salah satu komunitas fotografi Instagram terbesar di Indonesia. Berdasarkan info di website resminya, komunitas Instanusantara didirikan pada tahun 2012 dan kemudian berkembang terus sampai sekarang.
Hingga artikel ini dirilis (10/1/2016), Instanusantara memiliki 151 ribu akun yang mengikutinya dengan jumlah foto yang diupload dengan menyertakan hashtag resmi #instanusantara mencapai 2,9 juta foto.
Dari ratusan ribu follower tadi, semuanya tersebar di berbagai daerah dan provinsi di Indonesia. Selain memiliki akun utama, Instanusantara juga memiliki beberapa akun regional yang membawahi setiap anggotanya di daerah tertentu. Contohnya @instanusantarajakarta yang merupakan akun regional Instanusantara khusus anggotanya yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya.


Berbagai Kumpulan Ilustrasi 




Media Sosial KASKUS


Kaskus merupakan singkatan dari kasak kusuk ini, merupakan situs suatu forum atau komuniti dengan anggota terbanyak di Indonesia, dibandingkan dengan situs-situs lain. Pengguna kaskus itu bisa disebut juga kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal 6 November1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 4,5 juta pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.
Fitur pada Kaskus
1.      KasPay
KasPay adalah sistem pembayaran online yang dikelola oleh PT DARTA MEDIA INDONESIA.         Prinsip kerja KasPay seperti e-wallet, dimana Pengguna terlebih dulu diminta melakukan Top Up       realtime atau transfer ke virtual account, kemudian dana dapat digunakan untuk bertransaksi di           situs KASKUS dan situs-situs Merchant yang telah bekerja sama dengan KasPay.
      
2.      e-Pulsa
e-pulsa adalah sebuah layanan dari Kaskus yang menyediakan fasilitas pengisian pulsa dan jika          kita mau membeli, kita harus membayar menggunakan KasPay. Semua layanan operator didukung      di Kaskus e-pulsa.
      
3.      Kaskus Ads
Kaskus Ads atau KAD adalah sebuah situs di mana jika kita mau beriklan di Kaskus, kita bisa             menempatkan iklan tersebut, tetapi kita harus membayar Kaskus. Dengan layanan Kaskus Ads           banyak sekali orang atau pengguna kaskus yang senang beriklan di Kaskus karena biayanya                 murah dan karena Kaskus mempunyai (sekarang) lebih dari tiga juta pengguna.

4.      Kaskus Radio
Kaskus Radio merupakan sebuah Radio Internet Indonesia di bawah naungan komunitas                     Kaskus. Kaskus radio yang biasa disingkat KR memiliki lebih dari dua puluh penyiar. Radio yang      memutarkan lagu selama 24 jam ini memutarkan lagu dari berbagai bahasa, seperti bahasa Inggris,       Mandarin, Jepang, Korea, dan masih banyak lagi.
      
5.      Kaskus Mobile
Kaskus mobile adalah situs Kaskus yang sudah diubah tampilannya menjadi minimalis sehingga         sesuai dengan layar perangkat telepon genggam. Alamat Kaskus mobile adalah m.kaskus.co.id atau kask.us. Fitur di versi ini bersifat terbatas.

Dampak positif Kaskus

  1. Bebas menyampaikan pendapat : tentu semua orang dalam forum dapat menyampaikan pendapatnya sendiri baik itu berupa saran, komentar, pujian, dan perselisihan, cekcok sesama forumer dan lain lain, namanya saja kan forum tidak jauh dari hal tersebut.
  2. Mempunyai jaringan yang luas : maka dari sosialisasi tersebut antara forumer satu dan forumer lain akan terciptalah komunikasi antara keduanya dan itu menjadi awal untuk sebuah jaringan pertemanan. 
  3.  Dapat menambah wawasan : tentu dengan saling berbagi tersebut kita semakin menambah wawasan mengenai suatu hal yang tidak terlalu kita ketahui karena threadnya semakin up to date.
Dampak Negatif Kaskus

  1. Kecanduan: Dengan forum kita dibuat ketagihan.  
  2. Terjadi pertikaian: bersiaplah saat membuat sebuah thread atau post disebuah thread bakal di komentari oleh forumer lain karena itulah gunanya forum saling menjatuhkan dan saling membenarkan pendapat sendiri dengan sekuat tenaga.
  3.  Pemicu penipuan: untuk yang ini mungkin semua media internet , dan yang dapat melindungi kita hanyalah diri kita sendiri dari penipuan tersebut, terutama dalam aktifitas jual beli. Jadi seperti pepatah harus teliti sebelum membeli.
  4. Siap bertanggung jawab: didalam forum bila kita memposting sebuah thread kita diharuskan untuk berhati-hati dalam berkata karena jika tidak kita siap menerima sangsinya.

Komunitas pada Kaskus
Android Developer Room adalah salah satu komunitas yang ada di sosmed bernama Kaskus. Didalam komunitas tersebut semua orang dapat bergabung dan aktivitas yang dilakukan pada komunitas tersebut membahas semua yang bersangkutan dengan Android dan anggota lainnya bisa saling share apa yang mereka punya untuk anggota lainnya. Komunitas ini setiap bulan akan mengadakan acara rutinitas kopdar yang dilakukan pada awal bulan ,acara tersebut dilakukan untuk mempererat hubungan antar anggota pada komunitas tersebut dan bisa membahas aktivitas langsung yang biasa dilakukan di sosial media.
Berbagai Ilustrasi



Media Sosial Line


        Line adalah sebuah aplikasi gratis yang memungkinkan kita untuk mengirim pesan teks, pesan suara, panggilan suara, mengirimkan gambar, video, dan lain-lain jika kita terhubung di Internet. Line bisa beroperasi pada berbagai platform seperti tablet, smartphone maupun notebook / komputer. Namun akhir akhir ini Line lebih populer pada Smartphone Android, Apple, dan Blackberry. Selain itu, iklan yang gencar dan mempunyai banyak pengguna, juga menjadi tolak ukur kepopuleran Line dipasaran. Hal ini dibuktikan dengan kesuksesan Line menjadi aplikasi instant message yang paling laris di 42 Negara.

         Aplikasi Line dibuat dan dikembangkan oleh salah satu perusahaan dari Jepang "NHL Corporation". Aplikasi ini pertama diluncurkan pada pertengahan tahun 2011 dan waktu itu terbatas hanya untuk sistem iOS dan Android, dan beberapa waktu kemudian Line masuk pada perangkat Blackberry. Pada tahun 2012 Line telah resmi meluncurkan aplikasi untuk bisa digunakan di perangkat Windows dan Mac.
Fitur pada Line

  1.  Sticker: Tersedia berbagai sticker yang menarik, Ada lebih dari 255 sticker menarik yang dapat kita gunakan untuk mengekpresikan perbincangan dalam bentuk gambar.
  2.  Attachment: Fitur ini merupakan fitur yang sangat menarik pada line, pada fitur attachment kita dapat melampirkan file untuk dikirim ke sesame pengguna line seperti suara, gambar, dll.
  3.  Call: Memungkan untuk dapat menelfon teman sesama pengguna line tanpa menambah biaya pulsa karena menggunakan jaringan internet.
  4. Timeline: FITUR untuk dapat melihat daftar update yang di update oleh pengguna line yang menjadi daftar kontak pada aplikasi ini. 
  5. Video call: Terdapat fitur video call yang dapat  digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, kerabat, pacar, sampai rekan bisnis.
  6.  Info menarik dari official account line: Pada fitur ini kita dapat menerima pesan asli dari artis favorit kita dari Negara pilihan jika menambahkan official account line.
Dampak positif line
1.       Sebagai tempat promosi Dengan banyaknya orang yang menggunakan jejaring sosial 
2.       Ajang memperbanyak teman 
3.       Tempat mencari informasi 
4.       Tempat berbagi Dengan fitur yang ada pada media sosial kita dapat dengan mudah saling bertukar data baik berupa foto, dokumen, maupun pesan suara
Dampak negatif line
1.       Munculnya tindak kejahatan 
2.       Mengganggu hubungan antar pasangan 
3.       Menimbulkan sifat candu 
Komunitas pada Line
OA (Official Account) Line  yang katanya sangat menguntungkan banget ternyata gak jauh beda dengan aplikasi BBM, hanya keunggulan disini adalah dengan adanya fiture Pesan Siaran menggunakan gambar. Anda dapat membuat Official Akun Line sebanyak 20 akun berulang, tapi hanya 4 yang bisa dikontrol. OA yang telah dihapus tidak dapat dikembalikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasan Macam-Macam Media Sosial"